SOP Perekrutan Pegawai TIPD


I. GAMBARAN UMUM
Pada dasarnya UPT Pusat Teknologi Informasi dan Data tidak bisa melakukan rekrutment pegawai karena perekrutmen pegawai di UIN Padangsidimpuan adalah Wewenang Kementerian Agama dan Biro AUAK UIN Padangisidmpuan, dokumen ini lebih pada rekomendasi Sumberdaya manusia yang akan di rekrut.


II. TUJUAN
Tujuan dari Standar Operasional Prosedur Rekrutmen Tenaga adalah :

  1. Memberikan acuan bagi pimpinan universitas dan unit untuk melakukan perekrutan Pegawai di UPT Pusat Teknologi Informasi dan Data
  2. Menjamin kepastian standar perekrutan Karyawan UPT Pusat Teknologi Informasi dan Data
  3. Mendapatkan data kualifikasi karyawan yang sesuai kebutuhan bidang keahlian di UPT Pusat Teknologi Informasi dan Data
  4. Mengembangkan manajemen SDM berbasis kompetensi
  5. Mengetahui proyeksi kebutuhan sumber daya tenaga yang diperlukan selama 5 Tahun Ke depan

III. RUANG LINGKUP

  1. Persyaratan Umum Calon pegawai
  2. Persyaratan Khusus Calon Pegawai

IV. PERSYARATAN UMUM CALON PEGAWAI
Untuk menjadi Pegawai di UIN Syahada harus memenuhi persyaratan Umum sebagai berikut :

  1. Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Berijazah minimal S1 yang relevan
  3. Memiliki kemampuan kualifikasi yang dibutuhkan
  4. Mempu berkerjasama dalam Tim
  5. Sehat Jasmani dan Rohani
  6. Berperilaku baik atau tidak sedang dan tidak pernah bermasalah dengan hukum (SKCK)
  7. Tidak sedang mengikat diri dengan instansi lain
  8. Usia maksimum 30 tahun

V. Persyaratan Khusus

  1. Divisi Server dan Sistem Informasi
    a) Lulusan Minimal S1 di Bidang Informatika, Sistem Informasi, Teknologi Informasi atau Program studi Sejenis
    b) Diutamakan mempunyai sertifikat dibidang Programing, Server atau Cloud Computing
    c) Diutamakan Mempunyai Portofolio Berupa Aplikasi atau Sistem Informasi
    d) Diutamakan punya pengalaman Kerja yang sesuai dengan Bidangnya
  2. Divisi Komputer dan Jaringan
    a) Lulusan Minimal S1 Teknik Komputer, Teknik elektro , Informatika ataupun Jurusn Teknologi Informasi
    b) Di utamakan mempunyai sertifikat di bidang Jaringan Komputer dari Mikrotik atau cisco bertaraf Internasional
    c) Memahami Perangkat Jaringan dan mampu melakukan Konfigurasi
    d) Diutamakan mempunyai Pengalaman Kerja yang sesuai dengan Bidang Keahliannya
  3. Data dan Informasi
    a) Lulusan Minimal S1 Statistik, Informatika,Teknologi Informasi atau Sistem informasi dengan Konsentrasi Data Science, Data Analyst atau Data Enginering.
    b) Di utamakan mempunyai sertifikat Nasional atau Internasional di bidang Data Analyst atau Data Science
    c) Diutamakan mempunyai Pengalaman Kerja yang sesuai dengan Bidang Keahliannya
  4. Administrasi Umum
    a) Lulusan Minimal S1 Administrasi Perkantoran, Administrasi Publik atau Jurusan Lain dengan syarat punya pengelaman Kerja dibidang Administrasi
    b) Di utamakan mempunyai sertifikat di bidang Microsoft Office dan Internet
    c) Memahami Alur Kerja di Pemerintahan dan atau Instansi Pendidikan serta Proses Penganggaran dan Pelaporan Kegiatan
    d) Mampu mendokumentasikan Kegiatan dan menyusun Laporan secara Tertulis

VI. WAKTU
Waktu seleksi dilaksanakan Sesuai Kebijakan Perguruan Tinggi dan Kebijakan Kementerian Agama Pusat

VII. PROSEDUR
Prosedur Perekrutan merupakan kewenangan Kementerian Agama dan Biro AUAK UIN Syekh Ali Hasan ahmad Addary Padangsidimpuan. Berikut adalah rekomendasi Prosedur Perekrutan terutama dari sisi Test Keahlian di bidangnya

  1. Rekemondasi Prosedur Test Keahlian dibidang Server dan Sistem Informasi
    • Praktek cara Melakukan Konfigurasi Server
    • Praktek cara Mengonlinekan Aplikasi Berbasis Web
    • Praktek backup dan Restore Data
    • Praktek Membuat aplikasi sederhana
  2. Rekemondasi Prosedur Test Keahlian dibidang Jaringan Komputer
    • Praktek cara Melakukan Konfigurasi Router
    • Praktek cara Mengkoneksikan Jaringan Dalam Gedung
    • Praktek Manajemen bandwidth
    • Praktek Mengamankan Perangkat Jaringan dari Malware
  3. Rekemondasi Prosedur Test Keahlian Data dan Informasi
    • Praktek cara Mengolah Data Statistik
    • Praktek Melaporkan data PDDIKTI dan EMIS
    • Praktek Menggunakan Fitur Excel Tingkat Lanjut
    • Praktek Membuat Data Dashboard Online secara Realtime
  4. Rekemondasi Prosedur Test di bidang Adminstrasi Umum
    • Praktek Kecepatan Mengetik di Microsoft Word
    • Praktek Menggunakan Rumus Excel
    • Tes Tentang Regulasi Pemerintahan
    • Praktek Membuat Laporan Kegiatan

Demikian SOP (Rekomendasi ) Perekrutan Pegawai di Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Pangkalan data sebagai acuan dalam Rencana Perekrutan Pegawai Bidang IT di UIN Padangsididempuan