Berikut ini adalah panduan internal untuk Seluruh Pegawai, Dosen dan Mahasiswa UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan untuk mengecek apakah Website dan Layanan online dari UIN sedang ada gangguan atau jaringan internet kita yang bermasalah.
Langkah pertama : Buka website Monitoring
Buka web status.uinsyahada.ac.id
Penjelasan Screenshot
Dari tampilan di atas tampak bahwa semua server Operational yang artinya semua server dan layanan normal. Lalu kita bisa membaca lebih detail di bagian Services akan muncul seluruh server dan web yang dimonitor. Kita akan membagi tampilan di atas menjadi 4 kolom yaitu Nama Layanan, Persentase Uptime, Grafik 90 Hari ke belakang dan kondisi Server/web saat ini.
Kita akan memberi contoh adalah WEB jurnal. Secara umum server ini cenderung warna merah yaitu banyak terjadi DOWN atau gangguan selama 90 hari ke belakang. kolom berikutnya (93.111%) adalah uptime selama 1×24 Jam di hari ini. Kolom ketiga adalah grafik Uptime selama 90 hari ke belakang. dan yang terakhir adalah status saat ini. Jika Up
artinya Normal jika Down
artinya ada gangguan.
Analisa Lanjut
Kita bisa menganalisis lebih lanjut untuk masing-masing layanan yang dimonitor dengan mengeklik Kolom pertama Misal JURNAL ->, Anda akan dibawa ke tampilan Berikut :
Tampilan Rinci ini terbagi menjadi Uptime, Overall Uptime, Response Times dan Recent Events ( bagian ini tidak tampak di screenshot).
- Uptime adalah kondisi persentase Uptime dari server selama 90 hari ke belakang. Warna merah bukan berarti DOWN namun warna merah menunjukkan di hari itu ada gangguan server. Silakan arahkan Kursor ke grafik uptime untuk melihat presentasi uptime tiap harinya
- Overall Uptime, cukup jelas ini langsung di tampilan dalam persen baik dalam jangka 1 hari, 1 Minggu, 1 Bulan dan 90 Hari. Semakin sedikit merahnya semakin bagus
- Reponses Times, Nilai dalam millisecond, semakin RENDAH nilainya semakin bagus. semakin tinggi angkanya semakin jelek. Responses time yang bagus di awah 1000ms ( di bawah 1detik)
- Recent Event , menampilkan kapan “Server down dan atau tidak bisa di akses terjadi”. Semakin sedikit kejadian semakin bagus.
Jika kita lihat catatan Log di atas terlihat bahwa di tanggal 4 Februari Downtime 3 Menit sementara di tanggal 5 terjadi downtime 28 menit. kadang, dalam sehari terjadi beberapa gangguan. Kita harus melihat halaman ini untuk mengevaluasi penyebab down. UPTIME Server yang bagus idealnya sebesar 99.9% ( waktu down maximal kurang dari 1 jam per bulan). Jika kondisi uptime di bawah 90% disarankan Meng upgrade server, meningkatkan keamanan server atau Migrasi ke server yang lain karena bisa jadi Hosting VPS / Website sudah overload.